Selasa, 03 Oktober 2017

Buah Kasturi Bermanfaat Untuk Tubuh Manusia

MANFAAT BUAH KASTURI
===================>>

Buah kasturi merupakan sebuah tanaman tropis yang khas Kalimantan, jadi banyak orang yang menyebutkan bahwa buah ini merupakan mangga kalimantan. Tanaman ini juga memiliki nama latin Mangifera casturi yang pada awalnya hanyalah bersifat enemik atau hanya ada di sebuah hutan di daerah sekitar Banjarmasin Kalimantan. Tetapi untuk saat ini mendapatkan buah ini sangatlah sulit sekali karena di Kalimantan sering ditemukan penebangan hutan.

Kasturi merupakan tanaman tropis khas dari Kalimantan sehingga kebanyakan orang menyebutnya sebagai mangga kalimantan. Tanaman kasturi yang memiliki nama latin Mangifera casturi, pada awalnya bersifat enemik (hanya ada) di hutan sekitar Banjarmasin di Kalimantan. Namun karena banyaknya kasus penebangan hutan, tanaman ini mulai sulit untuk dijumpai di hutan Kalimantan.
ads

Hal ini membuat tanaman ini telah masuk kedalam daftar merah IUCN (Internasional Union for Consercation of Nature) sebagai tumbuhan punah (Extinct in the Wild)”. Punah disini maksudnya, tanaman ini tidak dapat dijumpai lagi di habitat aslinya dan hanya dapat dijumpai di perkebunan maupun di kawasan konversi.

Ciri-ciri Tanaman Buah Kasturi

manfaat buah kasturi

    Tinggi pohon mencapai 25 meter dengan diameter batang yang cukup besar yaitu 40    -110 cm
    Warna kulit kayu ada yang putih keabu-abuan dan ada yang coklat terang
    Bentuk daunya lanset dan berujung runcing
    Warna daun mudanya adalah ungu tua

Buah kasturi menyerupai mangga pada umumnya namun memiiki ukuran yang kecil dan beratnya sekitar 50-84 gram.

manfaat buah kasturi untuk kesehatan
=====================================>

1. Memiliki banyak vitamin

Berbicara tentang kandungan vitamin yang ada pada buah ini hampir sama halnya seperti buah mangga. Vitamin yang ada di dalam buah mangga ini yaitu vitamin A, C dan juga E yang sangatlah baik sekali untuk kesehatan.

2. Menghindari sariawan

Kandungan vitamin C yang ada pada buah ini sangatlah baik sekali untuk mempertahankan kesehatan tubuh salah satunya untuk menghindari penyakit sariawan yang diakibatkan karena kekurangan vitamin C.

3. Menjaga kesehatan kulit

Kasturi merupakan buah yang sangatlah baik jika dikosumsi karena kandungan antioksidan yang ada pada buah ini baik untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang disebabkan oleh pencemaran polusi. Bukan hanya itu saja, kandungan AHA yang ada juga baik sekali untuk membantu peremajaan kulit dan juga membantu pengelupasan sel kulit mati.

4. Mencegah kanker

Buah ini merupakan buah yang memiliki kandungan yang sangatlah penting sekali untuk mencegah kanker. Selain itu, kandungan antioksidan atau senyawa lainnya juga sangatlah penting untuk membantu anda dalam mencegah kanker.

5. Aman bagi penderita hipertensi

Buah ini memiliki banyak kandungan mineral seperti kalium, zat besi, magnesium, potasium, fosfor, tembaga, seng, selenium dan juga mangga. Meskipun banyak, tetapi kandungan tersebut masih lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah kadar vitamin yang telah ada. Tetapi, salah satu keunggulannya yaitu rasio antara natrium dan juga kalium masihlah lebih rendah. Oleh sebab itu, buah ini sangatlah aman sekali jika dikonsumsi untuk penderita tekanan darah tinggi.

6. Melindungi saluran pencernaan

Buah ini memiliki kandungan serat yang sangatlah tinggi. berbicara tentang serat sendiri merupakan sebuah kandungan yang sangatlah baik sekali untuk melindungi saluran pencernaan anda.

7. Mempunyai Nutrisi Yang Baik

Buah kasturi mempunyai nutrisi yang baik dan juga berkhasiat. Nutrisi tersebut diantaranya adalah:

    Sukrosa sebanyak 7,93% - Sukrosa memberikan rasa yang manis pada buah kasturi sehingga dapat dipakai sebagai pemberi rasa manis pada makanan misalnya seperti pada kue.
    Lemak yang rendah sebab cuman berjumlah sekitar 0,44%
    Protein yang terkandung lumayan banyak adalah sekitar 1,20%
    Vitamin A dalam jumlah yang cukup tinggi yaitu kurang lebih 6069, 29 IU
    Vitamin C sejumlah 81,40%
    Kadar air yang cukup tinggi sebanyak 81,40%
    Vitamin E dan juga mineral lainnya sejumlah kecil seperti zat besi.

8. Sumber Energi

Daging mangga mengandung khasiat karbohidrat dalam bentuk selulosa, gula, dan juga pati. sederhana berupa glukosa dan juga fruktosa. Gula yang terdapat pada buah selain berguna untuk memberikan rasa manis, juga berfungsi sebagai sumber energi yang bisa langsung dimanfaatkan oleh tubuh kita.
9. Kaya vitamin

Kandungan buah kasturi sama seperti manfaat mangga, dimana dalam buah kasturi terdapat vitamin yang baik untuk tubuh seperti vitamin C, A, dan E. Manfaat vitamin C baik untuk membantu mempertahankan kesehatan tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit dan menghindari kita dari sariawan. Vitamin A baik untuk kesehatan mata.

Selain itu vitamin C dan A merupakan sumber kalium untuk membantu menjaga tekanan darah, kontraksi oto dan menjaga proses organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Sedangkan vitamin E berguna untuk menjaga kesehatan kulit.

Buah kasturi mempunyai 3 jenis buah yaitu:

1. Buah kasturi, jenis buah yang menghasilkan buah yang berbentuk bulat telur yang berwarna hijau berbintik hitam pada saat muda dan pada saat sudah tua berubah menjadi warna kehitaman.
2. Cuban. jenis yang serupa dengan buah kasturi tetapi buahnya berwarna kemerahan dan juga tidak menjadi hitam pada saat tua. Kulit buahnya lebih gampang dipisahkan dari daging buahnya yang warnanya kuning orange.
3. Asam Pilipisan, jenis buah kasturi yang mempunyai buah berwarna hijau pucat serta berbintik hitam, Tetapi pada saat tua, akan tetap berwarna hijau. Buah kasturi jenis tersebut mempunyai serat yang jauh lebih banyak serta warna daging buahnya berwarna hijau orange kekuningan.

Walaupun ukuran buahnya kecil, tetapi buah kasturi mempunyai aroma yang sangat harum dan juga rasanya yang enak sehingga banyak digemari oleh masyarakat terutama masyarakat yang tinggal di kota kalimantan selatan. Selain rasa buahnya yang enak, ternyata buah kasturi mempunyai banyak manfaat yang beberapa diantaranya

Mencegah Penyakit Kanker

Buah kasturi adalah salah satu jenis mangga dan serupa dengan jenis mangga yang lainnya. buah kasturi mengandung banyak sekali komponen penting yang bisa mencegah penyakit kanker. Selain antioksidan, senyawa penting lainnya yang menolong berfungsi mecegah kanker yaitu asam galat, astragalin, filsetin, kuersentin, serta matilgallat.

meningkatkan energi

Daging mangga mengandung khasiat karbohidrat dalam bentuk selulosa, gula, dan juga pati. sederhana berupa glukosa dan juga fruktosa. Gula yang terdapat pada buah selain berguna untuk memberikan rasa manis, juga berfungsi sebagai sumber energi yang bisa langsung dimanfaatkan oleh tubuh kita.

Dengan keseluruhan, khasiat dari buah kasturi tersebut sangat diperlukan oleh tubuh kita. Oleh sebab itu, buah kasturi pantas untuk kita jadikan sebagai menu harian. Demikian artikel yang kali ini saya bagikan mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua . Dan perlu kita ketahui juga bahwa bauh kasturi juga memiliki khasiat serta manfaat yang sangat bagus untuk tubuh , yaitu memiliki khasiat serta manfaat yang sama dengan Obat Forex yaitu mampu menjaga serta memperkasa stamina energi pada jaringan organ vitalitas agar organ vitalitas selalu sehat kuat perkasa secara sempurna dan siap di gunakan kapan saja .Berbicara tentang manfaat dan juga khasiat dari buah kasturi ini sangatlah banyak sekali. Tentu hal ini tidaklah luput karena kandungan buahnya ayng sangatlah baik sekali untuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat dan khasiat buah kasuturi ini Buah kasturi adalah salah satu tanaman yang khas dari kalimantan sehingga kebanyakan orang yang mengatakan sebagai mangga kalimantan. Tanaman buah kasturi yang mempunyai nama latin Mangifera casturi, Pada awalnya bersifat enemik (cuman ada) dalam hutan disekeliling kota banjarmasin dikalimantan. Tetapi, sebab banyaknya masalah penebangan hutan, tanaman ini sudah lumayan susah untuk ditemukan/dicari  dikawasan hutan dikalimantan. Hal tersebut bikin tanaman tersebut sudah masuk kedalam daftar Internasional Union for Consercation of Nature atau biasa disebut dengan singkatan IUCN sebagai tumbuhan yang sudah punah Extinct in the Wild. Maksud dari punah disini adalah, tanaman tersebut tidak bisa ditemukan lagi dihabitat aslinya serta cuman bisa ditemukan diperkebunan ataupun dikawasan konversi.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Macam Mcam Produk

BANK PEMBAYARAN TRANSFER

JASA PENGIRIMAN PAKET

BARANG AMAN BERGARANSI